Senin, 23 September 2013

Cegah kanker pankreas dengan diet sehat!

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 500.000 warga Amerika mengungkap bahwa menjalani diet sehat dan mengonsumsi makanan sehat bisa menurunkan risiko kanker pankreas hingga 15 persen. Beberapa ketentuannya antara lain mengurangi lemak jenuh, kolesterol, gula, garam, dan alkohol.
"Menjaga makanan yang dikonsumsi dengan diet sehat memberikan banyak manfaat kesehatan. Penelitian kami menunjukkan bahwa orang yang menjalani diet sehat memiliki risiko kanker pankreas yang lebih rendah," ungkap ketua peneliti Hannah Arem dari US National Cancer Institute.
Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap lebih dari 500.000 orang berusia 50 - 71 tahun yang terdaftar dalam US National Institutes of Health, seperti dilansir oleh US News (15/08).
Meski begitu Arem mengakui bahwa penelitian ini masih terbatas sehingga tak bisa membuktikan adanya katan sebab akibat. Tak hanya itu, Arem juga mengakui bahwa waktu lain selain diet sehat dan konsumsi makanan sehat juga berpengaruh terhadap risiko kanker pankreas.
Selain diet sehat, beberapa hal seperti tingkat pendidikan, kebiasaan merokok, aktivitas fisik, vitamin, dan lainnya juga bisa mempengaruhi risiko kanker pankreas. Hasil penelitian ini disetujui oleh peneliti lain. Bahkan Marji McCullough menjelaskan bahwa menjalani diet sehat tak hanya menurunkan risiko penyakit fatal seperti kanker, tetapi juga penyakit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar